Friday 29 May 2015

Sate Buntel Makanan Khas Solo

01:21

Sate Buntel Solo
Solo adalah kota di Jawa Tengah yang merupakan kota kelahiran dari Presiden Indonesia saat ini Bapak Jokowi, tapi kali ini saya tidak akan membahas tentang jokowi karena saya tidak suka dengan politik dan lebih suka untuk membahas makanan aja. Sate buntel adalah makanan khas yang berasal dari daerah solo, trus apa hubungannya dengan jokowi ? ternyata jokowi adalah salah satu penggemar sate buntel Solo bahkan menurut kabar yang beredar sampai saat ini Presiden sering sekali memesan sate buntel dari solo untuk dikirim ke Jakarta. Kalau sang Presiden Jokowi aja suka dengan sate buntel pasti ada yang lebih dengan santel buntel tersebut, karena yang saya ketahui sate buntel memang lezat apalagi jika dimakan bersama orang tercinta dan dibayarin lagi hehehe.

Sate buntel adalah makanan khas daerah Solo yang terbuat dari daging kambing cincang yang di lumuri dan dibungkus dengan lemak sehingga mirip seperti buntelan, kemudian ditusuk dan di bakar seperti sate biasanya. Sate buntel sangat terkenal di Solo banyak orang yang suka makan sate buntel, begitu juga dengan warung serta penjual sate buntel yang akan banyak anda temui di Solo. Salah satu yang menjadi andalan dari sate buntel adalah anda tidak akan merasakan aroma amis dari daging kambing karena daging di cincang kecil-kecil, dan dibakar selanjutnya diolesi kecap sungguh nikmat aroma dan yang pastinya rasanya maknyus banget.

Rekomendasi tempat favorit untuk menikmati sate buntel di Solo sangat banyak sekali, tapi saya akan memberikan tempat makan sate buntel favorit saya, karena menurut saya warung ini termasuk warung sate buntel yang paling terkenal dan sate buntelnya nikmat banget. Saya banyak menghabiskan waktu di kota Solo saat saya bekerja disana sebagai seorang freelancer alias pegawai serabutan hehe jadi saya sangat mengenal karakter makanan orang Solo apalagi sate buntel yang lezat itu. Warung sate buntel menurut rekomendasi dari saya adalah sebgai berikut.

1. Sate Tambak Segaran Solo

Ini adalah tempat favorit orang Solo yang mencari sate buntel, termasuk juga wisatawan luar daerah yang mampir ke solo seperti saya ini. Beralamat di jalan Tambak Segaran 39 Solo warung ini selalu ramai di kunjungi oleh para penikmat kuliner sate buntel Solo. Harga yang ditawarkan untuk 2 tusuk sate buntel yang lumayan besar adalah sekitar Rp. 40.000 dengan harga segitu anda akan mendapatkan sepiring nasi dengan 2 tusuk sate buntel dengan sambel dan juga acar ini akan membuat anda ketagihan untuk berkunjung dan menikmati sate buntel tambak segaran Solo.

2. Sate Mbok Galak

Warung sate yang sudah berdiri hampir  30 tahun lamanya ini merupakan tempat favorit untuk makan sate buntel, karena bukan hanya saya yang menyukai sate buntel mbok galak tapi presiden seperti Pak Soeharto dan juga jokowi sangat merekomendasikan tempat makan ini.  Warung sate mbok galak beralamat di jalan Ki Mangun Sarkoro,  Sumber, Solo, selain menyediakan sate buntel juga menyajikan makanan khas solo lainya seperti tengkleng serta tongseng dan gule. Warung Mbok Galak beroperasi mulai Pukul 10 pagi sampai jam 8 malam, untuk harga sate buntel disini yang berukuran besar di patok seharga Rp. 75.000, Sungguh di warung ini anda akan menikmati sajian sate buntel yang sesungguhnya.

Resep untuk membuat sate buntel cukuplah mudah bagi anda yang ingin membuat sendiri masakan sate buntel anda cukup mengikuti contoh resep yang akan akami sajikan berikut ini:

Bahan-bahan yang disiapkan:

350 Gram Daging kambing yang sudah di cincang
100 Gram Lemak daging kambing
1 Batang Serai
2 Siung Bawang Putih
2 Siung Bawang Merah
1 sendok Teh lada dan merica
Garam
Minyak Goreng secukupnya

Bahan Untak sambal:

5 Buah cabe rawit
Kecap manis dan asin
Jeruk limau

Cara memasak:

Tumis Bawang merah dan putih tambahkan lada dan merica kemudian campurkan dengan daging kambing cincang kemudian buat adonan dan lilitkan pada tusukan sate dan balut dengan lemak daging kambing.

Bakar sate buntel di atas bara api lumuri dengan kecap dan minyak goreng, bakar hingga matang sempurna.

Siapkan bahan untuk sambal dan campurkan dengan kecap serta jeruk limau
Sate buntel siap disajikan dengan sambal dan nasi.

Iya itulah pengalaman saya waktu menikmati hari-hari saya di kota Solo sambil berwisata kuliner masakan khas daerah Solo kota kelahiran presiden Jokowi, semoga kisah dan informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua yang membacanya. Jangan lupa untuk melestarikan budaya indonesia dengan mencintai keragamanan masakan khas indonesia.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top