Wednesday 24 June 2015

Nasi Patik Makanan Khas Kabupaten Tulungagung

19:29

Nasi Patik
Nasi Patik Makanan Khas Kabupaten Tulungagung, Sahabat makanankhas.net pernah mendengar nama Nasi patik, bagi yang rumahnya di daerah Tulungagung nama Nasi patik sudah santer terdengar setiap hari bahkan menjadi bahan pembicaraan masyarakat. Nasi patik adalah makanan khas masyarakat Tulungagung yang sudah sangat terkenal karena rasanya yang nikmat dan pedas, sekilas Nasi patik nampak hanya biasa saja karena makanan ini hanya terdiri dari nasi yang di kasih sayur lodeh, urap serta ikan asin dan kerupuk.

Cerita tentang Nasi patik sendiri menurut masyarakat Tulungagung adalah berasal dari suatu daerah bernama patik di Kauman sebuah kecamatan di Tulungagung Jawa Timur. Cerita ini bermula ketika para pedagang nasi dengan sayur lodeh serta urap-urap ini menjajakan dagangan mereka di pasar dan rata-rata pedagang ini berasal dari desa patik, akhirnya untuk mempermudah menyebut nama maka muncullah ide untuk menyebut nama makanan tersebut menjadi Nasi patik.

Di Kabupaten Tulungagung Nasi patik sangat di gemari baik itu anak muda maupun orang tua karena rasanya yang khas dan sedap, menurut penuturan salah satu pedagang Nasi patik yang berdagang Nasi patik di kawasan pasar ngemplak ini dagangan Nasi patik-nya selalu laris tiap hari. Hampir semua pedagang Nasi patik menyajikan Nasi patik dengan cara di bungkus dengan daun pisang, ini bertujuan untuk tetap menjaga ciri khas Nasi patik yang tradisonal serta mempertahankan rasa serta aroma sedapnya.

Untuk rekomendasi tempat makan Nasi patik yang paling enak serta laris di Tulungagung, kami telah melakukan survei dengan bertanya hampir ke 100 orang yang lagi asyik bermain di Alun-Alun Tulungagung. Dari Kesimpulan yang kami dapatkan berdasarkan survei tersebut rata-rata mereka memberikan rekomendasi tempat makan Nasi patik yang enak di Tulungagung adalah sebagai berikut:

1. Nasi Patik Pasar Ngemplak

Ini adalah salah satu pasar besar di Kabupaten Tulungagung, Di tempat ini ada penjual Nasi patik yang sangat terkenal karena menu Nasi patik serta sompil yang mantap banget pokoknya. Warung ini selalu buka saat menjelang malam hari, kalau anda berniat makan Nasi patik disini maka siap-siaplah untuk menunggu karena warung ini sangat ramai pengunjung apalagi jika malam minggu pasti di jamin anda harus extra sabar sebelum bisa menikmati santap Nasi patik. Untuk Soal harga Nasi patik disini di jual hanya dengan harga Rp. 6.000 murah bukan!

2. Nasi Patik Pasar Wage

Kalau saya bilang Nasi patik disini hampir sama dengan di pasar ngemplak Cuma memang Nasi patik disini terasa lebih pedas masakannya. Tempatnya juga lumayan bagus di bandingkan yang di pasar ngemplak yang hanya berada di emperan toko, tapi soal rasa jangan di tanya dech pasti anda akan ketagihan. Tempat ini adalah rujukan bagi para perantau dari Jakarta, Bandung serta luar pulau jawa yang mudik ke Tulungagung untuk menikmati sajian menu istimewa Nasi patik makanan pelepas rindu kampung halaman hehe..

Menu Nasi patik sangat mudah untuk di buat sendiri di rumah, banyak ibu-ibu rumah tangga di Tulungagung yang membuat sendiri sajian Nasi patik untuk hidangan keluarga mereka. Apakah anda tertarik untuk mencoba resep makanan Nasi patik khas Tulungagung ini, berikut resep untuk membuat Nasi patik:

Bahan-bahan yang diperlukan Nasi Patik:

Nasi Putih
Ikan Asin Goreng
Kerupuk
Bubuk Kedelai

Bahan untuk sayur Lodeh

1 Ikat Kacang panjang
200 Gram Nangka Muda
250 Ml Santan Cair
1 Liter Santan Kental
1 Ruas Lengkuas
2 Lembar daun Salam
Garam secukupnya

Bumbu untuk sayur lodeh

3 Siung bawang putih
6 Buah Bawang Merah
1 sendok Teh Ketumbar
3 Buah Cabe Merah
2 Cm kencur

Bahan-bahan untuk Urap-urap

2 ikat daun ketela pohon muda
1 ikat kacang panjang
200 Gram Tauge
½ butir Kelapa parut

Bumbu Urap-urap:

7 Buah Cabe Merah
3 Siung bawang Putih
1 sendok teh Ketumbar
1 cm kencur
Garam secukupnya

Cara Memasak sayur Lodeh:

Rebus nangka muda masukan bumbu yang sudah di haluskan bersam dengan lengkuas daun salam
Serta santan cair.
Ketika nangka sudah kelihatan empuk, masukan kacang panjang, dan semua bahan ketika terasa akan mendidih masukan santal kental aduk hingga merata dan sayur lodeh siap disajikan.

Cara membuat urap-urap:

Rebus semua sayuran hingga matang, lalu tiriskan
Haluskan bumbu dan campurkan dengan parutan kelapa lalu goreng tanpa minyak
Campurkan sayuran dengan parutan kelapa.

Menyajikan nasi patik


Siapkan nasi dalam piring tambahkan dengan sayur lodeh, urap-urap, ikan asin beri bubuk kedelai dan kerupuk.

Nasi patik memang namanya tidak terkenal seperti makanan serta masakan khas lainnya tapi soal rasa tidak kalah karena sedap dan lezat, sekian artikel saya tentang nasi patik makanan khas tulungagung semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar ya.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top