Thursday 4 June 2015

Kerak Telor Makanan Khas Betawi Jakarta

00:16

Kerak Telor
Kerak Telor Makanan Khas Betawi Jakarta, Orang Jakarta identik dengan sebutan orang betawi karena mereka berasal dari suku betawi, meskipun sekarang Jakarta sudah di huni oleh banyak orang dengan banyak suku seperti jawa, batak dan Madura tapi identitas asli betawi masih di lestarikan. Soal Makanan khas betawi tentu punya makanan khas andalan mereka seperti kerak telor, Soto Betawi dan juga Semur Jengkol. Pada kesempatam ini saya akan membahas tentang salah satu makanan khas betawi yang paling populer yaitu kerak telor, makanan ini selalu menjadi andalan saat ada acara akbar seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Kerak telor adalah makanan yang berbahan dasar telur ayam, beras ketan putih dan juga udang Ebi yang di campur bumbu seperti bawang merah, kelapa, cabe, kencur , jahe, merica dan garam. Orang betawi menjadikan kerak telor menjadi jajanan saat pekan raya Jakarta sehingga banyak pengunjung yang sengaja datang ke PRJ Untuk mencari penjual kerak telor yang biasanya akan membludak saat puncak acara.

Untuk rekomendasi tempat penjual kerak telor yang enak di Jakarta kami akan memberikan anda panduan untuk menemukan tempat dimana anda bisa menemukan kerak telor yang enak dan tentunya sesuai dengan kantong anda.

1. Kerak Telor Babe Salam

Bertempat di jalan Kemayoran Jakarta tempat ini adalah tujuan yang pas bagi anda untuk mencari kerak telor yang nikmat. Tempat ini buka mulai pukul 10.00 s/d 22.00 Wib, harga yang di tawarkan juga cukup murah sekitar 25.000 Rupiah untuk satu kerak telor yang super nikmat ini.

2. Kerak Telor Babe abdul Rahman

Bertempat di Jalan Menteng Jakarta ini adalah tempat di mana anda bisa menemukan penjual kerak telor ternama dengan menu kerak telor andalan khas betawi yang melegenda seperti si pitung dan juga benyamin sueb.

Kali ini kita juga akan memberikan resep menarik seputar pembuatan kerak telor khas Betawi, yang telah di rangkum oleh tim kami yang cukup handal dan mumpuni untuk mengolah sajian khas betawi ini. Berikut ini resep dari Mang Dadang Alias Ucup bin sanusi anaknya pak udin:

Bahan-bahan:

5 Butir Telur Bebek
100 Gram Beras Ketan Putih
100 Gram Kelapa Parut
250 Ml Air Putih
100 Gram Udang Ebi
5 Siung  Bawang Merah
Minyak Goreng

Bumbu Yang di haluskan:
1 Cm Kencur dan Jahe
5 Buah Cabe Rawit
½ Sendok Makan Merica

Cara Membuatnya:

Rendam beras ketan putih dalam air selama 12 jam
Tumis Bumbu yang telah di haluskan dengan minyak goreng.
Panaskan beras ketan putih dalam wajan cekung siram dengan air untuk membuat cetakan dari beras ketan tersebut hingga agak kering.
Siapkan sebutir telur bebek, kocok tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama ebi, garam dan merica kemudian siramkan di atas cetakan beras ketan yang sudah mengering.

Balik cetakan hingga matang sempurna, taburi dengan parutan kelapa dan juga bawang goreng.
Ya itulah sahabat masakankhas.net sedikit informasi tentang masakan khas betawi yaitu kerak telor dalam kesempatan lain saya akan membhas tentang masakan khas betawi lainnya seperti semur jengkol atau soto betawi.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top