Thursday 25 June 2015

Sayur Pucung Gabus Masakan Khas Betawi

20:15

Pucung Gabus
Sayur Pucung Gabus Masakan Khas Betawi, betawi memang memiliki banyak sekali makanan khas yang secara rasa tak terbantahkan enaknya karena memang orang betawi terkenal enak masakannya bukan berarti orang daerah lainnya kalah loch. Beraneka ragam masakan khas betawi telah saya ulas sebelumnya dalam artikel saya tentang kerak telor makanan khas betawi, dan kali ini dalam artikel saya akan membahas tentang salah satu masakan andalan masyarakat betawi yaitu sayur pucung gabus. Namanya sayur pucung gabus karena sayur ini mengolah ikan jenis gabus, perlu anda ketahui bahwa ikan gabus adalah ikan yang hidup di sungai bukan di laut jadi jangan salah, bentuknya seperti ular tapi tidak pernah gigit kok, ikannya agak licin dan susah untuk menangkapnya, keberadaannya saat ini juga sulit untuk ditemukan.

Sayur pucung gabus menjadi idola para pemburu kuliner masakan Betawi yang berkuah, jadi tidak heran hampir setiap warung yang menyediakan menu sayur pucung gabus selalu ramai diserbu oleh para pembeli. Setiap akhir pekan banyak pemburu kuliner ini yang menyempatkan diri untuk makan sayur pucung gabus bersama orang yang mereka cintai, pecinta sayur gabus memang merasa bahwa masakan ini cukup unik dan merupakan warisan khas Betawi. Mencari tempat makan yang menyediakan menu sayur pucung gabus tidaklah sulit di Jakarta karena masakan ini termasuk cukup terkenal namanya di mata orang Jakarta khususnya penduduk lokal betawi.

Dalam perjalanan kami berwisata kuliner di Jakarta kami telah mendatangi tempat makan yang menydiakan menu sayur pucung gabus dan kami akan memberikan rekomendasi ini berdasarkan atas kelayakan tempat serta kelezatan menu masakan sayur pucung gabus. Berikut rekomendasi tempat makan sayur pucung gabus:

1. Warung Gabus Pucung Vila Betawi

Warung ini berada di Jl. Raya Grogol,Pancoran Mas, Depok tempatnya enak dan nyaman untuk makan bersama keluarga dan pucung gabusnya enak.

2. Rumah Makan Haji Otong

Bertempat di Jl. Keadilan, Pancoran Mas, Depok disini anda bisa makan di saung-saung yang di sediakan serta harganya juga lumayan terjangkau.

Sekarang saya akan membagikan resep untuk membuat sayur pucung gabus yang enak ala betawi punya, simaklah tips serta resep untuk memasak sayur pucung gabus.

Bahan-bahan Sayur Pucung Gabus

500 Gram Ikan Gabus segar
3 lembar daun salam,
6 lembar daun jeruk
2 buah tomat
2 cm lengkuas
5 buah sereh
1 cm Jahe geprek,

Bumbu Sayur Pucung Gabus yang dihaluskan

5 Siung Bawang Putih
10 Buah Bawang Merah
300 Ml Air Santan
7 Buah Kemiri
2 cm kunyit
1 sdt Ketumbar
5 Buah Cabe rawit
5 Buah keluwak

Bahan-bahan lainnya

750 ml air,
1sdt gula
Minyak untuk menumis,
Daun bawang
7 buah rawit merah
Garam secukupnya.

Bahan untuk melumuri ikan

4 Siung bawang putih.
2 buah jeruk nipis,
½ sdt garam,
3 sdt ketumbar

Cara membuat sayur pucung gabus

Hilangkan sisik pada ikan gabus dan cuci bersih, lumuri dengan garam, bawang putih, jeruk nipis serta ketumbar.
Goreng ikan gabus hingga setengah matang dan angkat.
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng hingga baunya sedap masukan ikan gabus tambahkan air, kluwek, daun salam dan santan.
Masak hingga mendidih dan hidangankan bersama nasi panas.

Sekian artikel saya tentang sayur pucung gabus dengan rekomendasi tempat serta resep membuat sayur pucung gabus yang enak. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua dan jangan lupa untuk berkomentar ya!




Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top