Sunday 14 June 2015

Soto Lamongan Makanan Legendaris Khas Lamongan

23:48

Soto Lamongan
Lamongan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang sangat terkenal dengan menu makanan khas yang sangat terkenal seperti soto Lamongan, Tahu Campur serta  Rujak Cingur. Dalam pembahasan artikel kita kali ini kita akan membahas tentang salah satu makanan khas dari kabupaten lamongan yang cukup terkenal namanya diseluruh Indonesia bahkan menjadi salah satu resep nusantara yaitu Soto Lamongan. Soto lamongan telah menjadi ikon tersendiri untuk kabupaten lamongan karena makanan ini banyak sekali di jual di hampir setiap kota di Indonesia layaknya Nasi Padang.

Soto Lamongan mempunyai ciri khas yang berbeda dengan soto – soto lainnya di Indonesia seperti soto Betawi, Coto Makassar atau Soto Madura. Soto Lamongan terdiri dari Nasi putih yang di beri kuah soto dengan irisan Ayam Kampung serta tambahan koya yang gurih inilah yang membuat makanan ini berbeda dan istimewa. Penjual soto Lamongan juga sangat banyak bisa anda temukan di hampir seluruh wilayah Indonesia terutama pulau Jawa, karena makanan ini telah menjadi salah satu makanan favorit bagi kebanyakan penduduk Indonesia, soto lamongan biasanya di jual bersama dengan makanan dari lamongan lainnya seperti pecel ayam atau lele.

Kebetulan penulis adalah orang asli Surabaya atau biasa di kenal arek suroboyo jadi penulis sangat kenal betul dengan soto lamongan yang nama serta kenikmatannya termashyur di Indonesia. Penulis telah banyak melakukan perjalanan wisata kuliner apalagi tentang kuliner yang satu ini hampir tiap hari saya selalu makan soto lamongan karena kebetulan rumah saya dekat dengan penjual soto lamongan yang cukup terkenal yaitu soto lamongan Cak Har. Kali ini saya akan memberikan anda semua rekomendasi tempat makan soto lamongan yang paling nikmat dan tentunya recommended untuk anda kunjungi. Berikut daftar warung serta tempat makan penjual soto ayam yang terfavorit menurut pilihan tim makanankhas.net.

1. Soto Lamongan Cak Har

Ini adalah maskotnya soto Lamongan dengan menu khas soto lamongan yang enak dan gurih, tempat makan ini selalu ramai oleh pengunjung karena merupakan tempat makan yang sangat di rekomendasikan oleh masyarakat Surabaya yang ingin menikmati soto lamongan. Tempat makan ini berada di jalan Dr. Ir. Soekarno Surabaya. Warung ini buka dari jam 08.00 pagi hingga jam 23.00 Malam.

Setelah puas menikmati makan soto Lamongan cak Har yang sangat terkenal tersebut saya agak sedikit lupa jika saya harus memberikan resep membuat soto lamongan yang enak untuk pembaca blog makanankhas.net semua. Untuk itu saya telah mengumpulkan banyak resep membuat soto lamongan yang tentunya enak serta maknyus. Berikut resep membuat soto Lamongan yang bisa anda praktekan di rumah.

Bahan membuat soto lamongan

1 Ekor Ayam Kampung
4 Telur Ayam
2 Bungkus Soun
1 Buah Kol iris tipis
4 lembar Daun Jeruk
1 Batang Serai tumbuk
2 Liter Air putih

Bumbu Untuk Soto Lamongan

8 Siung Bawang Merah
4 Siung Bawang Putih
2 Ruas Kunyit
2 Ruas jahe
4 Butir Kemiri

Cara membuat Soto Lamongan

Rebus ayam dalam 2 liter air sampai matang, tumis bumbu yang sudah di haluskan campurkan kedalam kaldu ayam tambahkan daun jeruk dan juga serai.
Sajikan soto bersama dengan soun, irisan telur dan juga irisan kol.
Bisa tambahkan koya, kerupuk dan bawang goreng  sebagai pelengkap.

Bagaimana mudah bukan membuat soto lamongan sendiri cara ini anda perlu coba di rumah, sekian artikel saya tentang makanan khas dari Kabupaten Lamongan Jawa Timur Yaitu Soto Lamongan.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top