Monday 8 June 2015

Tahu Gimbal Makanan Khas Semarang Yang Menggoda

01:06

Tahu Gimbal
Tahu Gimbal Makanan Khas Semarang, Jalan- jalan ke Kota Semarang tak lengkap rasanya kalo tidak sambil berwisata kuliner makanan khas Semarang Jawa Tengah ini, Tahu Gimbal namanya agak sedikit aneh di telinga kita tapi jika anda sempat merasakannya anda pasti akan terus mencari makanan ini. Semarang adalah sebuah Kota di Jawa Tengah dan merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah, selain terkenal dengan tempat wisata yang unik semarang juga menyimpan kekayaan budaya nasional Indonesia yang terdapat pada menu makanan khas daerah Semarang.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang salah satu makanan khas daerah Semarang Jawa Tengah yaitu tahu gimbal, makanan ini sangat terkenal namanya di seantero semarang, ketika anda bertanya kepada penduduk asli sana mereka akan menjawab tahu gimbal sebagai makanan khas penduduk Semarang. Tahu Gimbal merupakan makanan yang terbuat dari tahu goreng, lontong, Tauge, telor, kol yang di Rajang, gimbal yang disiram dengan sambal kacang yang di kasih petis udang dan agak sedikit encer.

Yang menjadikan tahu gimbal istimewa dan berbeda di mata penggemar kuliner ini adalah gimbalnya, gimbal adalah makanan semacam rempeyek tebal dari udang dan tepung yang di bumbui dengan rasa yang pedas, gurih serta manis. Untuk mendapatkan makanan tahu gimbal yang super nikmat di kota semarang, kami telah melakukan perjalanan wisata dan berikut ini rekomendasi dari kami tempat makan tahu gimbal yang super yummy di kota Semarang.

1. Tahu Gimbal Pak Man

Ini merupakan tempat makan tahu gimbal favorit saya di Semarang, Tempatnya ada di Jl. Plampitan 54, Semarang. Yang membedakan tahu gimbal pak man dengan tahu gimbal lainnya adalah udang yang dipakai untuk gimbalnya memakai udang pilihan yang besar, untuk jam buka tempat ini dari jam 12.00 s/d 22.00.

2. Tahu Gimbal Pak Edy

Tahu gimbal disini sangat istimewa dengan tambahan telur serta bakwan yang lezat, tempat ini berada di jalan Pahlawan semarang jaraknya tidak jauh dari simpang lima semarang. Tempat ini sangat ramai di kunjungi oleh para penggemar tahu gimbal tapi masih kalah ramai sich sama tahu gimbal pak man klampitan. Jam Buka tempat ini mulai jam 16.00 s/d 22.00.

Bagi anda yang tertarik untuk membuat tahu gimbal makanan khas semarang  yang lezat silahkan simak resep istimewa dari kami yang akan mudah anda praktekan di rumah:

Bahan-bahan:

1 Buah Tahu Potong-potong
100 Ml Air Putih
100 Gram Kol iris tipis
1 Sendok Teh Garam Dapur
Minyak Goreng secukupnya.

Bumbu-bumbu untuk Sambal:

2 Buah Cabe Rawit
50 Gram Kacang Tanah Goreng
1 Siung Bawang Putih
2 Sendok Teh Kecap Manis
1 Sendok air asam
1 Sendok Petis Udang
1 Sendok Teh Garam
1 Sendok Teh Gula Merah
70 Ml Air putih

Bahan Untuk Gimbal:

500 Gram Udang yang sudah di kupas
200 Gram Tepung Terigu
50 Gram Tepung Beras
2 Buah Telur Kocok
100 Ml Air Putih
1 sendok teh Garam
½ teh merica bubuk

Cara membuatnya:

Goreng Tahu dalam minyak panas yang sebelumnya di rendam dalam larutan garam.
Uleg semua bahan untuk bumbu, tambahkan air tapi jangan terlalu encer
Campur semua bahan untuk gimbal aduk hingga merata tambahkan udang dan kemudian goreng dengan minyak panas.
Sajikan irisan tahu dan gimbal udang di atas irisan lontong lantas siram dengan sambal, anda bisa tambahkan kerupuk udang untuk pelengkap.

Itulah ulasan kami tentang perjalanan wisata kami yang sangat istimewa di kota Atlas Semarang dengan sajian istimewa juga yaitu tahu gimbal makanan khas kota Semarang, semoga Sahabat makanankhas.net bisa mengambil pelajaran dan menjadikan rujukan tempat makan rekomendasi kami untuk menikmati tahu gimbal serta tidak lupa jangan sampai lupa untuk mencoba resep membuat tahu gimbal makanan khas Semarang, Terimakasih.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top