Tuesday 9 June 2015

Gudeg Makanan Kuliner Khas Jogja

23:56

Gudeg Jogja
Gudeg Makanan Kuliner Khas Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang masih kental dengan adat istiadat jawa kuno karena masih menganut sistem kerajaan kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Yogyakarta adalah daerah di Indonesia yang menjadi Tujuan Wisata Nasional serta Internasional kedua setelah pulau Bali, banyak wisatawan lokal maupun asing yang mangunjungi Yogyakarta karena tempat wisata alam  dari pantai, Candi serta keraton yang indah. Selain terkenal dengan keindahan wisatanya Jogja juga menyimpan banyak makana khas daerah yang sangat istimewa seperti Gudeg contohnya, Gudeg merupakan makanan khas dari Jogja yang namanya sangat terkenal di Indonesia bahkan internasional karena telah menjadi ikon makanan khas daerah Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki banyak sekali makanan khas yang patut untuk di coba, tapi kali ini lewat tulisan ini saya hanya akan membahas tentang Gudeg  saja mungkin lain waktu kita akan bahas makanan khas Jogja lainnya. Gudeg telah menjadi makanan umum setiap masyarakat Jogja bahkan dari Sultan sampai rakyat jelata suka dengan Gudeg, hampir di setiap rumah makan, warung, restoran hingga Hotel di Yogyakarta menyediakan menu masakan Gudeg. Jika anda sempat berkunjung ke Jogja dan melihat hampir di setiap pinggir jalan serta sudut kota Jogja akan terpampang nama makanan khas satu ini.

Gudeg adalah makanan yang terbuat dari Nangka muda yang di masak dengan santan sampai cokelat dan rasanya agak sedikit manis khas masakan masyarakat Jogja yang suka manis, butuh waktu yang lama untuk memasak  Gudeg hingga nangka muda menjadi empuk dan nikmat. Gudeg biasanya di sajikan bersam nasi putih hangat dengan lauk Ayam, telur, tahu dan juga sambal krecek. Menikmati Gudeg rasanya tidak mantap kalau tidak berkunjung langsung ke tempat aslinya yaitu Yogyakarta, kami akan memilihkan tempat makan Gudeg yang terbaik dan terenak di Yogyakarta menurut tim makanankhas.net yang telah melakukan perjalanan  wisata dan mencari tempat makan terfavorit untuk makan Gudeg. Berikut ini kami berikan rekomendasi tempat makan Gudeg di Yogjakarata.

1. Gudeg Yu Djum

Tempat makan Gudeg paling terkenal dan terlaris di Yogyakarta bertempat di Jl. Kaliurang KM 4,5 Karangasem CT III/22 Tempat makan ini selalu ramai dengan pembeli baik dari Jogja maupun Wisatawan serta turis mancanegara. Gudeg Yu Djum buka mulai Jam 06.00 Hingga Jam 19.00 WIB. Harga untuk satu porsi Gudeg dipatok sebesar Rp. 25.000 Hingga Rp. 100.000 tergantung lauk yang anda makan.

2. Gudeg Ceker Bu Joyo

Tempat makan Gudeg yang beralamat di Jl. Malioboro dekat dengan pasar Beringharjo ini adalah tempat makan Gudeg yang sangat saya suka karena disini anda bisa menambahkan Ceker untuk pelengkap makan gudeg. Yang menjadikan Gudeg bu joyo istimewa adalah jam buka-nya yang larut malam mulai pukul 22.30 hingga menjelang pagi, untuk menikmati gudeg disini anda harus datang duluan karena tempat ini selalu ramai saat baru buka.

Sebagai sajian akhir dari artikel ini kami akan memberikan resep istimewa membuat gudeg yang enak ala khas Yogyakarta. Resep membuat gudeg ini berdasarkan pengalaman dari penulis dalam mempraktekan sajian resep dari para pembuat gudeg ternama di Yogyakarta, berikut resep membuat gudeg Jogja yang enak.

Bahan-bahan membuat Gudeg

1 Kilo Gram Nangka muda yang sudah di Cuci Bersih
1 Liter Air Kelapa Muda
1 Liter Santan Kelapa
300 Gram Gula Aren
5 Butir Telur Ayam Rebus hingga matang lalu kupas
5 Lembar Daun Salam
5 Cm Lengkuas

Bumbu untuk Gudeg

10 Siung Bawang Merah
5 Siung Bawang Putih
10 Butir Kemiri
1 Sendok Makan Garam
1 Sendok Teh Ketumbar
½ Sendok Teh Merica Bubuk.

Cara memasak Gudeg

Masak Nangka muda hingga matang lalu tiriskan
Siapkan panci yang sudah di masukan daun salam lengkuas dan gula aren
Masukan nangka muda, telur rebus
Haluskan bumbu dan campurkan dengan air kelapa untuk memasak gudeg
Masak nangka muda hingga matang selama 2 jam
Siapkan Gudeg dengan tambahan ayam serta sambal kerecek.

Yogyakarta memang daerah istimewa dengan keberagaman budaya serta makanan khas mereka, kita sebagai anak bangsa harusnya bangga dan ikut serta melestarikan budaya daerah. Sekian artikel saya semoga dapat memberikan inspirasi bagi anda semua pembaca blog makanankhas.net, terimakasih dan nantikan artikel kami tentang makanan khas dari daerah Indonesia lainnya.



Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top