Wednesday 10 June 2015

Nasi Jamblang Makanan Khas Cirebon Yang Recommended

23:05

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang Makanan Khas Cirebon Yang Recommended, Kali ini kita akan berkunjung ke salah satu kabupaten di Jawa Barat yaitu Cirebon, tim makanankhas.net sengaja datang ke Cirebon yang merupakan kota yang dikenal dengan sebutan Kota Wali untuk berziarah dan sekaligus mencari menu makanan khas daerah Cirebon yang akan kita bahas dalam artikel kali ini yaitu Sega Jamblang atau Nasi Jamblang. Letak strategis dari kota Cirebon yang menghubungkan antara daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat menjadikan Cirebon menjadi Jalur akses kendaraan yang menuju kota Jakarta dan sekitarnya. Cirebon telah menjelma menjadi kota yang padat penduduknya dan hampir setiap tahun jalur Cirebon selalu padat dengan para pemudik dari Jakarta yang ingin pulang kampong ke daerah Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

Nasi Jamblang menjadi salah satu makanan khas Cirebon yang sangat terkenal selain dari makanan khas Cirebon lainnya seperti Nasi Lengko, Tahu Gejrot, Empal Gentong, Docang, Mie Koclok, serta Sate Kalong. Nasi Jamblang adalah makanan khas yang terdiri dari nasi putih, Sambal goreng, Tahu, Perkedel, Semur Daging, Paru, Telur serta Tempe. Untuk penyajian nasi jamblang mengunakan bungkus dari daun jati agar rasa serta aroma tetap terjaga dan menjadikan nasi tetap pulen. Nasi jamblang telah menjadi makanan yang paling digemari oleh masyarakat Cirebon serta wisatawan lokal yang berkunjung ke Cirebon.

Menjelajahi sudut kota Cirebon dengan menaiki sepeda motor sewaan mencari tempat makan favorit sesuai rekomendasi teman serta orang Cirebon kami telah merasakan sendiri dan akan memberikan anda semua tempat makan serta warung yang recommended untuk anda kunjungi. Berikut ini rekomendasi dari kami tempat makan nasi jamblang terenak di kota Cirebon.

1. Nasi Jamblang Mang Dull

Warung yang beralamat di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 4 Gunung Sari – Cirebon ini sangat ramai pengunjung yang ingin menikmati lezatnya Nasi Jamblang makanan khas Cirebon. Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1970 ini adalah milik Abdul Rojak tapi sangat terkenal dengan sebutan Nasi Jamblang Mang Dull, untuk harga nasi jamblang disini sekitar Rp. 7000 s/d 15.000.

2. Nasi Jamblang Ibu Nur

Restoran Nasi Jamblang yang beralamat Jl. Cangkring II No. 34 Cirebon ini adalah salah satu yang paling terkenal karena menyajikan nasi jamblang secara prasmanan dengan beraneka macam  lauk pauk yang bisa dipilih dan dengan desain yang modern dengan konsep tradisonal khas masakan Cirebon. Tempat makan disini sudah menggunakan AC jadi anda tidak perlu takut kepanasan. Harga nasi jamblang disini cukup murah hampir sama dengan tempat makan nasi jamblang lainnya jadi anda tak perlu ragu untuk mengunjungi restoran nasi jamblang Ibu Nur.

Setelah asyik menikmati lezatnya sajian khas Cirebon nasi jamblang kami bersama dengan para penjual nasi jamblang se kabupaten Cirebon akan memberikan resep khusus dan istimewa bagi anda pembaca blog makanankhas.net. Berikut resep membuat nasi jamblang khas Cirebon.

Bahan-bahan nasi jamblang

5 Bungkus Nasi Putih, bungkus dengan daun jati
Bumbu untuk sambal nasi jamblang
5 Buah cabe rawit
2 Buah Bawang merah
1 Siung Bawang Putih
2 buah tomat
Garam Secukupnya

Bahan untuk Tempe dan Tahu Goreng

300 Gram tempe iris dengan ketebalan 2 cm
5 Buah Tahu mentah
100 Ml air putih
1 Sendok Teh Garam
1 Siung Bawang Putih
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal nasi Jamblang

Uleg semua bahan untuk sambal hingga halus tambahkan garam secukupnya
Cara membuat Tempe dan Tahu Goreng
Uleg lembut bawang putih bersama dengan garam lalu masukan dalam larutan air, masukan irisan tempe  dan tahu kedalamnya lalu goreng dalam minyak panas.

Cara membuat Nasi jamblang

Siapkan bungkusan nasi jamblang dalam piring beri lauk tamped an tahu goreng dan sambal bisa anda tambahkan empal sapi, rending dan juga kerupuk sesuai selera anda.

Demikianlah ulasan kami tentang lezatnya kuliner khas Cirebon nasi jamblang yang namanya sangat di kagumi di daerah Cirebon. jika anda punya rencana atau lewat di cirebon tidak ada salahnya jika anda mapir dan mencoba kuliner khas cirebon yang satu ini saya jamin anda akan tertarik untuk menikmatinya.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top