Tuesday 2 June 2015

Mie Aceh Makanan Khas Aceh

09:30

Mie Aceh
Aceh adalah sebuah Provinsi di pulau Sumatera yang di kenal dengan sebutan kota serambi mekah karena mayoritas penduduknya adalah orang muslim beragama Islam. Aceh memiliki banyak makanan khas daerah seperti Mie Aceh, Ayam Tangkap, Nasi Guri, Eungkot Paya dan masih banyak lagi. Aceh memang sangat terkenal dengan budayanya yang sangat kental dengan budaya Islam seperti penerapan hukum Islam akan tetapi soal makanan Aceh memiliki salah satu makanan yang cukup membuat lidah kita bergoyang yaitu Mie Aceh.

Mie Aceh sangat terkenal di daerah Sumatera hingga di Indonesia karena terkenal lezat dan gurih tak seperti mie-mie yang lainnya, meskipun terkesan sederhana dengan tampilan yang biasa saja tapi mie Aceh mempunyai rasa yang sangat istimewa karena rasa pedasnya. Mie Aceh memang sangat terkenal pedas dengan kuah kari yang kental dan gurih disiramkan di atas mie kuning ditambahkan dengan irisan daging sapi, kambing dan juga udang, saya yakin ini akan membuat anda semua tergiur untuk mencicipinya.

Restoran serta warung di Aceh banyak yang menjual mie Aceh sebagai menu utama karena rasa dan juga namanya yang sering dicari oleh para pelancong yang sedang melakukan perjalanan wisata ke Provinsi Aceh. Saya akan memberikan informasi serta rekomendasi tempat untuk mencari mie Aceh yang enak di Aceh. Berikut tempat penjual mie Aceh yang cukup terkenal dan laris sekali.

1. Mie Aceh RM Mie Razali

Beralamat di Jl. T. P. Polem No. 83-85, Banda Aceh RM Mie Razali sangat terkenal dengan mie Aceh yang sangat special dengan menu utama mie kepiting yang rasany sangat lezat sekali, bila anda sempat mencoba saya yakin anda akan tertarik untuk kembali kesana lagi menikmati mie Aceh dengan kepitingnya yang wow banget itu, harga yang ditawarkan juga sangat murah Cuma 14.000 aja.

Ok sudah cukup informasi untuk sejarah mie Aceh dan juga tempat rekomendasi untuk makan mie Aceh, sekarang waktunya bagi saya memberikan resep istimewa bagi anda yang ingin mencoba membuat sajian istimewa yaitu mie Aceh. Berikut resep serta bahan apa saja yang anda butuhkan untuk membuat masakan mie Aceh.

Bahan-bahan:

500 Gram Mie Kuning
600 Ml Kaldu Sapi
200 Gram Daging Sapi Rebus dan iris seperti membuat rawon
200 Gram Udang Segar buang kulitnya
100 Gram Kol iris tipis
100 Gram Toge
1 buah Tomat
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
Daun seledri
Minyak goreng.

Untuk bumbu:

4 Butir Kemiri
5 Siung Bawang Merah
½ cm kunyit
2 cm Jahe
½ sdt ketumbar
½ sdt jinten
2 Butir kapulaga
2 Butir Adas Manis
Merica bubuk

Cara memasak

Tumis bawang merah dan bawang putih masukan udang dan daging sapi aduk, kemudian tambahkan kaldu sampai mendidih tambahkan kol dan juga seledri jangan lupa kasih garam, tomat dan juga kecap biarkan hingga air berkurang.

Siapkan mie kuning dengan cara rebus mie dangan air panas, kemudian tiriskan

Jika mie sudah siap, siram dengan kuah yang kita buat tadi, hidangkan dengan tambahan acar atau kerupuk.

Demikianlah informasi tentang mie aceh makanan khas daerah Aceh, selamat mencoba kuliner yang lezat tersebut jangan lupa untuk membuat sendiri jika anda mampu, jika merasa lebih enak beli aja toh banyak juga yang jual soalnya.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top