Tuesday 16 June 2015

Nasi Krawu Makanan Lezat Khas Gresik

02:02

Nasi Krawu
Gresik adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang mempunyai julukan sebagai kota Pudak, Kota Gresik mempunyai makanan khas yang sangat lezat yaitu Nasi Krawu. Nasi Krawu adalah makanan khas dari kota Gresik Jawa Timur yang terdiri dari Nasi Pulen seperti nasi Uduk dengan lauk daging sapi serta sambal terasi dengan di bumbui oleh serundeng dari parutan kelapa yang biasa di sebut Krawu. Nasi Krawu telah menjadi idola tersendiri bagi warga Kabupaten Gresik karena makanan ini memang sungguh sangat lezat dan menarik untuk dicicipi. Untuk sejarah Nasi Krawu sendiri menurut cerita masyarakat Gresik Nasi Krawu disebut berasal dari sebutan nama salah satu serundeng hitam hasil dari olahan parutan kelapa dengan kluwek.

Nasi Krawu telah lama sekali menjadi salah satu makanan khas daerah untuk Kabupaten Gresik dan andalan bagi warga sekitar Surabaya, dalam penyajiannya Nasi Krawu menggunakan pincuk dari daun pisang,  Nasi Krawu banyak sekali di Jual apalagi di daerah Surabaya karena banyak pedagang yang berasal dari Gresik datang ke Surabaya yang jaraknya tidak jauh dari Gresik. Cukup mudah untuk menemukan pedagang Nasi Krawu di Surabaya, apalagi di daerah sekitar perbatasan dengan Gresik.

Untuk mendapatkan makanan khas Nasi Krawu anda bisa datang ke Gresik atau Surabaya karena disini hampir disetiap sudut kota anda akan dengan mudah menemukan penjual Nasi Krawu. Ketika kami melakukan perjalanan wisata sambil mencari tempat makan di Surabaya kami akhirnya merekomendasikan tempat-tempat yang patut untuk anda kunjungi ketika ke Surabaya. Tempat Makan serta Warung rekomendasi kami ini berdasarkan pemilihan tempat, kenyamanan, serta kelezatan menu dari Nasi Krawu yang kami makan. Berikut daftar Warung serta Tempat makan Nasi Krawu di Gresik dan Surabaya.

1. Nasi Krawu Buk Tiban

Tempat makan ini berada di Jl. Jl. Kh. Abdul Karim No.49, Kab. Gresik, Jawa Timur. Tempat makan ini buka dari Jam 07.00 s/d 17.00 WIB menyediakan menu makanan khas Gresik yaitu Nasi Krawu yang sangat Spesial dengan berbagai macam Lauk seperti Daging empal, Ayam, Bandeng serta Ati. Saat siang dan sore hari tempat ini sangat ramai dengan pembeli bahkan hingga membludak jadi anda harus rela antri, harga untuk seporsi Nasi Krawu disini di patok sebesar Rp. 15.000 Tergantung Lauk yang anda Makan.

2. Nasi Krawu Bu Rida

Beralamat Jl. Adityawarman No.102, Surabaya, Jawa Timur. Tempat makan Nasi Krawu di Surabaya yang paling ramai dengan pembeli Buka sejak pukul 07.00 s/d 20.00 WIB disini anda bisa mendapatkan Nasi Krawu yang benar-benar komplit harga yang di tawarkan sekitar Rp. 20.000.
Puas berjalan-jalan di Gresik dan Surabaya untuk mencari nasi krawu yang enak sambil menyiapkan resep khusus untuk membuat Nasi Krawu yang enak se-enak nasi krawu asli dari Gresik. Berikut resep membuat Nasi Krawu khas Gresik.

Bahan-bahan Nasi Krawu

800 Gram Nasi Putih bungkus dengan daun pisang
1 Kg Daging Sapi
1 Liter Air Putih
500 Ml Santan Kelapa
1 Butir Kelapa

Bumbu-bumbu Nasi Krawu

10 Butir Kemiri
½ Sendok Teh air Asam Jawa
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 Cm Kunyit
2 Sendok Gula Merah
4 Lembar Daun Jeruk
4 Lembar Daun Salam
2 Batang Serai
2 Sendok Teh Garam

Cara Memasak Nasi Krawu

Haluskan semua bumbu hingga Halus
Potong daging seperti membuat empal
Tumis Bumbu yang sudah di haluskan, masukan daging serta daun salam serta serai
Masukan Air Santan dan masak hingga air mongering

Membuat Kelapa Krawu

Siapkan penggorengan, masukan parutan kelapa dengan daun jeruk dan beri bumbu kunyit, serta air gula merah sangria hingga mengering.

Ya akhirnya sampai juga kita di penghujung perjalanan dalam menulis artikel tentang Nasi Krawu makanan khas Kabupaten Gresik Jawa Timur Ini, semoga bermanfaat untuk pembaca blog makanankhas.net semua.


Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top