Friday 5 June 2015

Seruit Makanan Khas Lampung Yang Mantap

00:02

Seruit Lampung
Seruit Makanan Khas Lampung Yang Mantap, Seruit adalah makanan khas yang berasal dari daerah Lampung Sumatera Selatan, Makanan ini berbahan dasar ikan sungai yang di beri sambal khusus racikan masyarakat lampung yang sangat terkenal. Pernah mendengar tentang sambal lampung yang banyak di jual di pasaran dalam bentuk botol ya itulah sambal lampung yang nikmat, tapi kali ini saya hanya akan membahas tentang seruit saja, seruit merupakan makanan dari ikan biasanya ikan yang dipakai seperti ikan gabus atau patin yang dibakar dengan terlebih dahulu di bumbui dengan bawang putih, jahe serta garam.

Orang lampung memang terkenal pandai dalam membuat sambal apalagi sambal untuk seruit ini, untuk sambal seruit biasanya menggunakan campuran antara Cabe rawit merah, Garam, rampai serta terasi bakar yang diolah menjadi sambal yang mantap. Seruit biasanya disajikan dengan lalapan dari kemangi, mentimun, Terong Bakar, serta labu siam. Saya jamin anda akan ketagihan untuk mencicipi makanan ini karena rasanya yang khas pedas, manis serta asam yang membuat lidah bergoyang dan tak berhenti makan serta sensasi keringat yang mengucur deras karena sambalnya yang wow banget.

Gurihnya ikan bakar serta pedas manisnya sambal seruit menjadikan makanan ini menjadi andalan masyarakat lampung, banyak masyarakat lampung yang suka dengan masakan seruit karena menurut mereka seruit sangat cocok untuk lidah orang lampung. Apakah sahabat makanankhas.net tertarik untuk mencicipi makanan ini? Kami akan memberikan anda rekomendasi tempat makan yang menyediakan seruit sebagai menu masakan:

1. Rumah Makan Rusdi Gendut

Rumah makan yang terletak di Jl. Pangeran Tirtayasa Sukabumi, Bandar Lampung ini merupakan rumah makan yang sangat recomended untuk menikmati seruit khas Lampung karena seruit disini disajikan secara istimewa dengan tampilan modern tapi masih tetap mengusung gaya tradisional dari seruit. Warung yang berdiri sejak tahun 2010 ini memang sengaja mengusung menu masakan Lampung sebagai andalannya karena ingin melestarikan makanan khas lLmpung.

Bagaimana apakah anda sudah mempunyai bayangan tentang makanan khas ini, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan datang dan  nikmati makanan khas daerah Lampung tersebut di tempat asalnya yaitu Lampung. Jika anda ingin mencoba membuat seruit maka kami akan memberikan anda resep untuk membuat seruit yang enak dan pastinya sudah teruji kelezatanya, berikut resep membuat seruit:

Bahan-bahan yang diperlukan

1 ekor ikan patin segar
1 Siung bawang putih
1 cm Jahe
Garam

Bahan Untuk Sambal

5 Buah Cabe Rawit
1 Siung Bawang Putih
4 Siung Bawang Merah
1 cm terasi bakar
Rampai dan garam secukupnya

Bahan untuk Lalapan

1 Buah Terong yang sudah di bakar
1 Buah mentimun iris tipis-tipis
1 Buah Labu siam yang sudah di rebus

Cara membuatnya:

Cuci ikan patin dengan bersih lalu lumuri dengan bumbu dari bawang putih, jahe serta garam kemudian bakar hingga matang.
Uleg semua bumbu sambal hingga halus
Sajikan Ikan Seruit bersama sambal serta lalapan.

Demikianlah sahabat makanankhas.net pembahasan kami tentang seruit makanan khas Lampung yang hampir punah karena jarang sekali kami temukan rumah makan yang menyediakan menu masakan ini di Lampung. Bagi anda yang berniat jalan-jalan ke Lampung tidak ada salahnya mencoba untuk mencari makanan khas ini, saya pastikan anda akan tertarik untuk mencoba kembali makanan yang satu ini. Selamat berwisata kuliner dan memanjakan lidah anda sahabat. 

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top