Thursday 4 June 2015

Rujak Soto Makanan Khas Bangkalan Madura

21:06

Rujak Soto
Rujak Soto Makanan Khas Bangkalan Madura, Madura memang sangat terkenal dengan sebutan kota Garam, karena kota ini di kenal dengan penghasil garam laut. Madura Adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang secara geografis terpisah oleh lautan sehingga Madura bukan termasuk dalam pulau Jawa akan tetapi memiliki pulau sendiri yaitu pulau Madura. Masyarakat Madura banyak yang melakukan migrasi ke daerah –daerah di pulau jawa atau keluar jawa karena kepadatan penduduk, sehingga di perlukan penyebaran penduduk.

Rujak Soto makanan khas dari Bangkalan ini memang terkesan aneh karena rujak di campur kuah soto kayaknya nggak banget dech. Eits tapi tunggu dulu Rujak soto ini sangat istimewa rasanya saya yakin anda akan menemukan selera baru ketika menikmatinya. Banyak para mahasiswa dan juga para pelancong wisatawan luar daerah yang mampir di Madura mencari makanan khas Bangkalan Madura ini, selain rasanya lezat dan gurih rujak soto ini juga terkenal sangat pedas yang merupakan ciri khas masakan Madura lainya seperti bebek pedas sinjay.

Makanan ini salah satu makanan khas yang menurut saya sendiri adalah makanan unik karena mencampur makanan seperti Rujak dengan makanan berkuah Soto tapi setelah saya amati ternyata di balik keunikan makanan ini tersimpan rasa yang nikmat dan gurihnya kuah soto. Rujak Soto terdiri dari rangkaian sayuran rujak dengan sambal yang pedas dengan campuran kuah kaldu soto daging sapi yang gurih.

Untuk mendapatkan makanan ini anda cukup datang saja ke Madura banyak penjual Rujak Soto yang cukup terkenal dengan makanan khas satu ini, kami telah melakukan perjalanan wisata kuliner ke daerah Madura bersama rekan saya asli dari Madura sebut saja namanya Pak Heru. Beliau merupakan penduduk lokal Madura yang masih setia bertahan di Pulau Madura dan mengembangkan usaha keluarga menjadi seorang Notaris. Berikut Rekomendasi tempat makan rujak soto yang berada di Madura :

1. Warung Rujak Neng Maryam Universitas Trunojoyo

Warung ini berada disekitaran area kampus trunojoyo Madura, warung ini menjadi tujuan makan rujak soto bagi para mahasiswa maupun penduduk lokal Madura yang ingin menikmati sajian menu rujak soto. Harga untuk satu porsi rujak soto disini cukup murah yaitu Rp. 10.000, saat makan siang tempat ini sangat ramai dengan pengunjung karena lokasinya yang sangat dekat dengan kampus universitas trunojoyo Madura.

Setelah melakukan perjalanan wisata ke pulau Madura akhirnya saya bisa menikmati rujak soto yang istimewa tersebut, lantas saya menanyakan secara langsung proses pembuatan rujak soto tersebut untuk saya buatkan resep bagi para pembaca blog makanankhas.net untuk dicoba di rumah. Berikut resep untuk membuat makanan khas bangkalan Madura tersebut:

Bahan-bahan Rujak:

100 Gram Tempe potong dadu
100 Gram Tahu potong dadu
100 Gram Cingur sapi matang potong dadu
100 Gram Tauge yang sudah di kasih air hangat
1 ikat kangkung rebus
1 ikat kacang panjang
1 buah mentimun iris kecil-kecil

Bahan untuk Sambal Rujak yang di haluskan:

100 Gram Kacang tanah goreng
5 Buah Cabe rawit merah
2 Sendok makan gula merah
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
1 sendok makan petis

Bahan Untuk Soto

100 Gram daging sapi rebus dan air buat kaldu soto
1 liter air
1 batang serai
1 ruas bawang merah
1 sendok teh Garam
Minyak goreng secukupnya

Bumbu untuk soto haluskan

1 ruas kunyit
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm jahe
1 sendok Teh merica
1 sendok makan ketumbar

Cara membuatnya:

Tumis bumbu soto yang telah di haluskan dengan minyak goreng hingga baunya harum, tambahkan air kaldu serta potongan daging sapi masak hingga matang.
Buat susunan sayur untuk rujak dengan sambalnya, kemudian siram dengan kuah soto.
Sajikan dengan tambahan bawang goreng serta kerupuk udang.

Itulah rangkuman perjalanan saya di pulau Madura membahas tentang salah satu makanan khas bangkalan Madura yaitu rujak soto sambil mencari ide untuk mengembangkan bisnis kuliner serta mencari patner untuk menambah jaringan. Selamat berwisata ke pulau Madura sahabat makanankhas.net dan jangan lupa untuk menikmati makanan khas Madura yang sangat terkenal lainnya seperti bebek sinjay yang melegenda.






Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

1 comments:

  1. itu bukan asli bangkalan. dari sumenep yg jual pun dibangkalan asli sumenep. kalau penyebutan rujak soto itu emang khas bangkalan, kalau disumenep disebut soto bábát.

    ReplyDelete

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top