Monday 1 June 2015

Pempek Makanan Khas Palembang

23:43

Pempek Palembang
Palembang sebuah kota di Sumatera Selatan yang menawarkan banyak sekali keindahan tempat wisata dan juga kuliner makanan khas daerahnya seperti pempek, Tekwan, Burgo dan berbagai makanan serta kue tradisonal lainnya. Pempek telah menjadi makanan khas andalan dari Palembang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia karena kelezatan serta gurihnya pempek dari Palembang, hampir di setiap kota di Indonesia banyak kita temukan penjual pempek Palembang baik itu berupa warung atau penjual keliling.

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari bahan dasar daging ikan dan juga tepung sagu, pempek sendiri awal mulanya berasal dari bahasa cina “Apek” sebutan untuk laki-laki Cina yang sudah tua. Berdasarkan riwayat sejarah pempek sendiri berasal dari cerita rakyat Palembang yaitu saat seorang Apek yang merasa prihatin dengan kehidupan nelayan yang menangkap ikan di sungai musi, dengan hasil tangkapan ikan yang melimpah tapi tidak dapat di manfaatkan secara baik. Dari situlah timbul ide dari sang Apek untuk mengolah ikan dengan tepung sagu, kemudian banyak para Apek yang berjualan makanan baru tersebut, karena banyak sekali yang memanggil nama pedagang apek munculah nama pempek.

Ada beberapa jenis pempek Palembang yang terkenal seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat, pempek kulit ikan. Pempek kapal selam adalah pempek yang paling terkenal namanya, pempek ini  terbuat dari telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek kemudian digoreng dalam minyak yang panas. Untuk penyajiannya pempek biasanya di sajikan dengan kuah cokelat yang disebut cuko ditambahkan mie kuning dan potongan timun.

Banyak warung atau restoran terkenal di Palembang yang menjual makanan khas ini, karena pempek banyak dicari oleh wisatawan yang berlibur di Palembang sambil menikmati kenikmatan wisata kuliner yang memanjakan lidah mereka. Untuk rekomendasi tempat makan pempek yang enak di Palembang ada beberapa seperti di:

1. Pempek Saga

Jika anda ingin menikmati pempek dengan rasa yang berbeda dari pempek biasanya mampirlah ketempat ini, tepatnya ada di jalan Merdeka (Depan Walikota) pempek disini tidak digoreng melainkan di bakar dan dicampur dengan cuko, rasanya enak dan bau ikan hampir tidak ada karena di bakar harganya juga sesuai dengan kantong anda Cuma 4000 Rupiah murah bukan?.

2. Pempek Candy

Ini adalah tempat makan pempek Palembang yang paling recommended, karena rasanya yang nikmat dan juga pempek yang disajikan secara menarik dengan tekstur pempek yang lembut dan terasa banget aroma ikannya. Pempek Candy berada di komplek Hotel Anugerah Palembang disini anda juga bisa memesan secara online jadi tidak perlu datng ke Palembang untuk menikmati lezatnya pempek.

Anda berniat untuk mencoba membuat sendiri pempek yang lezat itu, kami akan memberikan resep menarik untuk membuat pempek yang lezat dan pasti anda untuk membuat sendiri dengan panduan resep dari kami. Berikut bahan serta cara memasak pempek:

Bahan untuk Pempek:

2 Butir Telur Ayam
500 Gram Ikan Tengiri
500 Gram Tepung Sagu
200 Ml Air
2 Siung Bawang Putih
Penyedap Rasa
Garam Secukupnya
Minyak Goreng

Bahan Untuk Cuko
50 Gram Air Asam
½ Liter Air
200 Gram Gula Aren
 2 Sendok makan Ebi
5 Buah Cabai Rawit Merah

Cara membuatnya:

Campur daging ikan tengiri yang sudah dihaluskan dengan tepung sagu tambahkan telur ayam dan juga bawang putih halus campur dengan air beri sedikit garam dan penyedap. Buat adonan dari campuran semua bahan.

Goreng adonan yang sudah dibuat dalam minyak dan tiriskan

Untuk membuat saus cuko campurkan air dengan semua bahan yang sudah dihaluskan seperti cabe, gula aren dan ebi tambahkan air asam.

Saran penyajian:

Tata pempek goreng dengan rapi di mangkok atau piring siram dengan saus cuko dan beri tambahan mie dan juga potongan timun.

Sedikit informasi untuk anda yang sedang jalan-jalan ke Palembang tak ada salahnya anda bisa mampir untuk makan pempek meskipun kita tahu bahwa banyak sekali warung pempek yang enak di kota anda, tapi alangkah bahagianya bisa menikmati pempek di kota aslinya yaitu Palembang.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top