Wednesday 3 June 2015

Papeda Makanan Khas Papua

20:08

Papeda Papua
Papeda Makanan Khas Papua, Papua merupakan daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah dengan sumber daya alam yang sangat besar seperti tambang Emas yang merupakan terbesar di dunia dan dengan tambang Tembaga terbesar ketiga di dunia. Papua memiliki penduduk yang sangat loyal dan masih tinggal bersuku-suku, dan masih terkesan tradisional. Masyarakat papua memiliki makanan khas yang cukup unik yang terbuat dari sagu yaitu Papeda, Papeda adalah makanan khas Papua yang sangat disukai oleh warga papua, Papeda disajikan dengan kuah kuning ikan tongkol yang di bumbui kunyit. Papeda berwarna putih sekilas papeda mirip dengan lem, karena terbuat dari bubur sagu mentah yang di masak, tapi jangan salah kandungan gizi dalam papeda sangatlah banyak.

Orang Papua pesisir pantai sangat menyukai makanan ini karena ini merupakan makanan khas penduduk Papua biasanya mereka menyajikan Papeda bersama dengan ikan tongkol atau bisa dengan menu lain seperti ikan gabus atau udang. Karena Papeda tidak berasa maka makanan khas ini harus disajikan dengan menu lainnya seperti kuah kuning tongkol yang lezat resep asli dari Papua.

Papeda banyak di jual di warung – warung di kota besar Indonesia seperti  Jakarta, Surabaya, untuk tempat makan Papeda di Jakarta, saya akan merekomendasikan tempat favorit masyarakat Jakarta yang ingin menikmati masakan khas Papua ini. Berikut beberapa tempat makan yang menyediakan menu Papeda di Jakarta:

1. Kedai Nyonya Bintuni

Warung ini menyediakan menu Papeda asli dari Papua karena yang punya kedai adalah orang asli dari Papua. Paul B Nio adalah pemilik kedai yang beralamat di TIS Square, Jalan MT Haryono Kav. 8, Tebet, Jakarta. Di tempat ini Papeda di sajikan bersama pilihan kuah kuning yang gurih dari ikan tongkol atau ikan Dori.

2. Restaurant Yougwa

Restaurant yang beralamat di Jalan Boulevard Kelapa Gading Blok WA 2 No. 31 , Kelapa Gading -Jakarta Utara. Restaurant ini merupakan restaurant yang menyediakan makanan khas dari Papua juga Manado menu yang tersedia seperti Ikan Malas Kuah Asam, Papeda, Cumi Goreng Rica, Tumis Bunga Pepaya.

Untuk membuat makanan khas Papeda lengkap dengan kuah kuning kami akan memberikan tips resep istimewa khusus untuk anda semua, berikut resep masakan khas Papua yaitu Papeda mohon di simak.

Bahan-bahan untuk Papeda:

200 Gram Tepung Sagu
1500 CC Air
1 Sendok Teh Garam
1 Sendok Teh Gula

Cara Memasak:

Cairkan Tepung Sagu dengan Air Secukupnya, tambahkan gula serta garam tuangkan air panas dalam larutan sagu aduk hingga merata dan masak dalam api sedang hingga matang.

Bahan-bahan untuk Kuah Kuning.

½ Kg Ikan Tongkol
2 Sendok Makan minyak goreng
500 Ml Air
7 Buah Cabe Rawit
1 Batang Serai
Kemangi dan Daun Salam

Bumbu-bumbunya.

Haluskan semua bumbu dibawah ini:
2 Siung Bawang Putih
3 Siung Bawang Merah
2 Buah Kemiri
1 Cm Jahe dan kunyit
Gula Pasir dan Garam

Cara Memasaknya:

Tumis bumbu yang  sudah di haluskan campurkan daun salam dan serai, Tuang air hingga mendidih masukan ikan tongkol tambahkan garam, cabe dan juga gula, masak hingga matang untuk penyedap bisa tambahkan daun kemangi. Sajikan Papeda bersama Kuah Kuning Ikan Tongkol.

Itulah informasi yang bisa saya sharing disini tentang makanan khas daerah Papua yaitu Papeda, Meskipun telingga anda jarang mendengarnya tapi masakan satu ini patut untuk anda coba nikmati bersama orang-orang terkasih.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top