Sunday 12 July 2015

Ketupat Sayur Makanan Khas Lebaran Yang Populer

23:22

Ketupat Sayur
Ketupat Sayur Makanan Khas Lebaran Yang Populer, Ketupat sayur telah menjadi salah satu makanan khas yang paling banyak disuguhkan saat lebaran idul fitri dan menjadi ikon tersendiri untuk sajian khas lebaran idul fitri, banyak kita temui di setiap iklan baik itu di media cetak maupun media elektronik lebaran selalu identik dengan ketupat. Menu makanan khas lebaran ketupat sayur banyak disajikan sebagai sajian lebaran diberbagai kota di Indonesia seperti di Jakarta, Surabaya, Padang dengan lauk yang beraneka ragam seperti sambal goreng ati, rendang hingga ayam lodho. Ketupat sayur memang sangat lezat disajikan saat lebaran dan merupakan hidangan wajib, dimana semua keluarga berkumpul dan makan bersama dan menu ketupat sayur telah lama menjadi andalan bagi ibu rumah tangga untuk sajian setiap ada tamu yang berkunjung.

Sejak zaman dahulu orang Betawi yang identik dengan makanan khas ketupat sayur telah menjadikan makanan ini sebagai makanan wajib ketika lebaran idul fitri tiba, kalau anda tidak percaya silahkan saja datang ke Jakarta saat lebaran, maka anda akan menemukan banyak sekali rumah-rumah yang menyajikan ketupat sayur sebagai hidangan lebaran. Bagi masyarakat betawi ketupat sayur tidak hanya disajikan sebagai sajian lebaran idul fitri tapi telah menjadi makanan sehari-hari seperti untuk sarapan pagi pengganti nasi uduk betawi yang terkenal itu.

Dalam tulisan saya kali ini akan membahas tentang ketupat sayur yang digunakan sebagai sajian khas lebaran idul fitri, selain dari pada sajian yang lain seperti kue, masakan, serta minuman yang telah saya bahas sebelumnya. Ketupat sayur adalah makanan khas daerah betawi yang banyak anda jumpai di daerah Jakarta baik yang di jual di pinggir jalan, warung hingga restoran, selain membahas tentang asal usul ketupat sayur saya juga akan memberikan anda resep untuk membuat ketupat sayur betawi sebagai sajian saat lebaran idul fitri. Saya berharap lebaran yang sebentar lagi tiba bisa menjadikan ibu rumah tangga siap untuk membuat masakan ketupat sayur dari rekomendasi resep dari makanankhas.net. Berikut resep ketupat sayur khas Betawi yang cocok untuk sajian lebaran:

Bahan untuk membuat ketupat lebaran:

2 Liter Santan Kelapa
200 Gram Kacang Panjang potong-potong
300 Gram Labu Siam iris tipis
300 Gram Daun Pepaya Muda potong tipis
3 Lembar Daun Salam
1 Batang Serai
2 cm Lengkuas
2 Sendok Garam
1 Blok kaldu Ayam
2 Sendok Gula
1 Sendok Teh Merica Bubuk
3 Sendok udang ebi
Minyak Goreng

Bumbu ketupat sayur lebaran

10 Butir Bawang Merah
3 Siung Bawang Putih
5 Biji Cabe Rawit
4 Biji Cabe Merah Besar
2 Cm Kunyit
1 Cm Jahe
1 Cm Terasi Udang

Bahan pelengkap sajian ketupat sayur lebaran

15 Buah Ketupat
15 Buah semur Tempe
15 Buah Semur Tahu
15 Buah Semur Telur
Kerupuk dan Bawang Goreng

Cara memasak ketupat sayur lebaran

Rebus daun pepaya, kacang panjang dan labu siam kemudian tiriskan
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak hingga wangi tambahkan air santan
Masukan rebusan sayuran, tambahkan serai, daun salam dan lengkuas.

Cara Menyajikan ketupat sayur lebaran.

Iris ketupat dan masukan dalam piring tambahkan semur tempe, tahu dan telur serta siram dengan Kuah.
Tambahkan bawang goreng sebagai penyedap serta kerupuk.

Demikianlah sajian menu khas lebaran idul fitri yaitu ketupat sayur khas betawi yang cocok untuk anda sajikan sebagai hidangan lebaran yang istimewa. Semoga artikel saya ini dapat bermanfaat bagi pembaca blog makanankhas.net dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda.





Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top