Tuesday 14 July 2015

Makanan Khas Lebaran di Jawa Timur

20:30

Makanan Khas Jawa Timur
Makanan Khas Lebaran di Jawa Timur, wisata kuliner saat lebaran tentu merupakan hal yang asyik untuk dilakukan saat kita pulang kampung, banyak makanan khas daerah Indonesia yang harus kita coba ketika kita berkunjung ke daerah keluarga besar kita. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang makanan khas dari daerah Jawa Timur yang harus anda buru selama berlibur lebaran, saya yakin menu makanan yang akan kita bahas dalam artikel kali ini akan memberikan anda pengetahuan tentang berburu kuliner khas Jawa Timur. Berburu kuliner merupakan hal yang mengasyikan apalagi saat bersama dengan keluarga tercinta, moment seperti ini akan terasa sulit untuk kita dapatkan kalau bukan pas libur hari lebaran idul fitri yang menyatukan semua keluarga.

Jawa Timur merupakan daerah di pulau jawa yang memiliki beraneka ragam masakan dan makanan khas yang lezat-lezat dan terkenal namanya diseluruh penjuru tanah air. Kita tentu kenal dengan masakan khas Jawa Timur seperti Soto Ayam Lamongan, Rujak Cingur, Lontong Balap, Pecel Sambel Tumpang, Pecel Madiun, serta Nasi Krawu Gresik. Soal urusan masak memasak orang Jawa Timur Jagonya rek begitu ungkapan para pedagang nasi di Surabaya yang merupakan ibu kota dari Jawa Timur yang juga terkenal memiliki walikota terbaik dan juga terhebat di Indonesia dengan berbagai macam penghargaan serta prestasi yang diraihnya.

Oke para sahabat blog makanankhas.net marilah kita bahas satu persatu makanan khas daerah Jawa Timur yang sering disajikan saat lebaran idul fitri di setiap daerah atau Kota di Jawa Timur:


Makanan satu ini patut untuk anda coba karena selain rasanya yang lezat makanan khas asli Surabaya ini juga merupakan makanan yang tinggi dengan protein nabati. Untuk mendapatkannya silahkan mampir ke warung Lontong Balap Pak Gendut di Jalan Kranggan serta Lontong Balap Pak Tjip Kertajaya.


Ini adalah makanan khas kota pudak Gresik yang gurih dan sangat nikmat yang disajikan bersama daging sapi. Nasi krawu yang terkenal bisa anda dapatkan di warung Nasi Krawu Buk Tiban Jalan Abdul Karim Gresik serta Nasi Krawu Bu Rida Jl. Adityawarman Surabaya.


Pecel dengan bumbu sambel tumpang dari tempe kering yang menjadikan makanan ini berbeda dengan pecel biasanya dan mempunyai cita rasa yang nikmat. Pecel tumpang Kediri yang cukup terkenal ada di warung pecel tumpang Jalan Dhoho serta Pecel Tumpang Bu Tin Patimura Kediri.


Nasi dengan lauk sayur lodeh, urap-urap serta ikan asin ini menjadi makanan khas tulungagung yang digemari oleh sebagian banyak masyarakat pecinta makanan pedas. Untuk mendapatkannya anda bisa berkunjung ke Warung Nasi Patik Pasar Ngemplak dan pasar Wage Tulungagung.


Makanan satu ini sangat unik karena campuran antara rujak pedas dengan segarnya kuah soto membuat makanan ini banyak mendapatkan predikat enak. Anda bisa menemukan makanan ini di warung Rujak Soto Neng Maryam Universitas Trunojoyo.

Nasi goreng ini terdiri dari nasi goreng yang dicampur dengan mie dan sayuran sehinga terlihat acak-acakan dan rasanya sangat enak yang paling terkenal di Malang nasi goreng mawut Arema anda bisa memperoleh makanan ini di warung Nasi Mawut Pakl Iwan Jl. Aries Munandar Malang.


Namanya sudah sangat terkenal saya yakin anda pasti tahu makanan ini, makanan asli dari kota  Lamongan. Untuk soto ayam lamongan yang enak ada di Soto Lamongan Cak Har Surabaya.

Ya itulah beberapa makanan khas Jawa Timur yang perlu anda coba jika anda sempat berkunjung atau silaturahmi dengan keluarga anda di Jawa Timur, semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk pembaca semua jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda disini.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top