Thursday 2 July 2015

Nasi Uduk Khas Betawi Yang Pas Untuk Sarapan Pagi

20:35

Nasi Uduk
Nasi Uduk Khas Betawi Yang Pas Untuk Sarapan Pagi, Sedikit aneh memang jika harus sarapan pagi dengan nasi uduk, tapi tidak bagi penduduk Jakarta mereka biasa sarapan pagi dengan nasi uduk khas Betawi yang banyak di jual di warung serta pinggir-pinggir jalan. Nasi uduk merupakan makanan khas Betawi yang berasal dari nasi putih yang di masak dengan santan sehingga menghasilkan nasi uduk yang gurih, ditambah dengan lauk tempe oreg, sambal kacang, telur bulat, mie bihun serta kerupuk. Bagi masyarakat Betawi sarapan pagi dengan nasi uduk atau lontong sayur adalah hal yang biasa terjadi karena mereka telah menjalankan ini selama bertahun-tahun lamanya, sedangkan bagi kita yang biasa sarapan pagi dengan nasi soto ayam, bubur ayam atau nasi pecel mungkin agak terlihat aneh. Itulah yang menjadi perbedaan masyarakat Betawi dengan para pendatang yang ke Jakarta, untuk daerah jawa misalnya nasi uduk biasanya digunakan untuk acara selamatan atau kenduri bahkan ritual keagamaan tapi untuk masyarakat Betawi nasi uduk digunakan untuk makan sehari-hari.

Sarapan pagi dengan nasi uduk khas betawi telah saya jalani selama hampir 5 tahun lamanya sejak saya memutuskan untuk bekerja di Jakarta dan merantau dari tanah kelahiran saya Surabaya, saat pertama kali saya merasakan sarapan nasi uduk saya merasa agak aneh serta canggung untuk menyantapnya karena itu bukan hal yang biasa saya lakukan. Tapi setelah teman saya memperkenalkan kepada saya bahwa sarapan nasi uduk adalah hal yang mengasyikan, saya mulai tertarik untuk mencobanya dan terbiasa setiap pagi sarapan nasi uduk di warung kang emen yang gurih dan enak. Nasi uduk telah menjadi makanan yang terkenal bukan hanya untuk masyarakat Betawi tapi juga penduduk Indonesia, meskipun cara memasak serta penyajiannya berbeda tiap daerah tapi sejatinya nasi uduknya sama.

Puas bercerita tentang pengalaman saya makan nasi uduk, kini giliran saya membahas tentang tempat makan nasi uduk yang paling enak di Jakarta karena hanya disinilah tempat sarapan nasi uduk tersedia dan pernah saya kunjungi. Selain membahas tentang tempat makan atau warung Nasi uduk saya juga akan membagikan resep membuat nasi uduk khas betawi yang enak untuk anda semua sahabat makanankhas.net. Okelah berikut rekomendasi tempat makan nasi uduk yang enak di Jakarta jika anda punya waktu silahkan untuk mampir dan mencicipinya:

1. Nasi Uduk Kebon Kacang

Ini adalah salah satu warung nasi uduk paling terkenal di Jakarta dan menjadi idola bagi para pecinta makanan nasi uduk. Karena disinilah anda bisa menemukan nasi uduk dengan rasa yang uenak banget sambal kacangnya mantap apalagi ayam gorengnya wau banget dech.

Pembahasan tentang tempat makan serta warung nasi uduk khas Betawi sudah selesai sekarang saya akan membagikan tips serta resep membuat Nasi Uduk Khas Betawi:

Bahan-bahan membuat nasi uduk:

1 Kg Beras Putih Rojolele
1 Buah Kelapa di parut untuk Santan
1 Batang Serai
2 Lembar Daun Salam
Garam Secukupnya

Bahan untuk membuat Sambal Kacang
Haluskan semua bahan dibawah ini seperti membuat sambal biasa, lalu campurkan dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan dan beri sedikit air supaya encer.

100 Gram Kacang tanah Goreng
8 Buah Cabe Rawit
2 Buah Cabe Merah Besar
1 Sendok Gula Pasir
Garam
Air Secukupnya.

Cara Memasaknya Nasi Uduk

Masak Beras dengan Air hingga setengan matang, kemudian angkat
Masak santan dan juga bahan lainya aduk hingga merata
Campurkan nasi setengah matang dengan santan dan rebus hingga mendidih
Kukus nasi hingga matang.

Semua sudah saya sajikan untuk anda dari rekomendasi tempat makan nasi uduk yang enak di jakarta serta berbagi tips resep memasak nasi uduk khas betawi, sampailah kita di ujung penulisan artikel tentang nasi uduk makanan khas betawi, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk memberikan komentar anda terimakasih.

Written by

Makanankhas.net Adalah Situs Blog yang membahas tentang Makanan Khas Daerah Indonesia sekaligus mengulas tentang wisata kuliner dan memberikan tips serta resep makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2015 Makanan Khas Indonesia. All rights resevered. Designed by Makanankhas.netMakanankhas.net

Back To Top